Sejarah ISMAFARSI

Posted: 9 Januari 2012 in Sehari-hari
Tag:, , ,

Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) merupakan kelanjutan dari organisasi Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (MAFARSI) yang didirikan pada tangal 22 Desember 1955, di Kaliurang – Yogyakarta. Kelahiran dari organisasi ini dilandasi oleh kesadaran bahwa mahasiswa farmasi Indonesia perlu menjalin komunikasi untuk memecahkan permasalahan yang ada.

logo ismafarsi

Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), dua perguruan tinggi ini yang mempunyai jurusan farmasi pada saat itu, kebetulan mempunyai masalah yang sama. Farmasi UGM pada tahun 50-an merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi ITB yang terbagi atas jurusan riset dan jurusan apoteker, merupakan bagian dari Fakultas Teknik. Pembagian yang berbeda itulah yang kemudian dianggap menimbulkan berbagai masalah. Mahasiswa farmasi UGM maupun ITB akhirnya sepakat untuk mendirikan MAFARSI yang saat itu merupakan suatu organisasi mahasiswa intra universitas profesional pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Terpilih sebagai ketua adalah Purnomo Singgih (UGM) dan Midian Sirait (ITB), sedangkan tokoh-tokoh mahasiswa lainnya yang ikut terlibat diantaranya adalah Marisi P,Sihombing, Sunarto Prawirosujanto, Djasman, Sulastomo, Sardjoko dan lain-lain.

MAFARSI merupakan organisasi independen. Aktivitasnya terutama menyangkut bidang kemahasiswaan dan kependidikan. Pada masa awal berdirinya kegiatan MAFARSI berkisar pada perjuangan untuk menyempurnakan kurikulum disamping kegiatan rutin kemahasiswaan seperti diskusi , symposium, pengadaan diktat, dan lain-lain. Tetapi pada tahap berikutnya, MAFARSI dipercaya terlibat dalam penyusunan UU. Pokok Kesehatan dan UU Pokok Farmasi.

Atas perjuangan MAFARSI, maka para pimpinan perguruan tinggi farmasi ITB dan UGM mengadakan pertemuan untuk mengambil langkah penyesuaian terhadap kurikulum masing-masing. Konsep Bachaloreat yang mendahulukan jenjang Apoteker, baru kemudian jenjang sarjana diubah menjadi sebaliknya. Sementara kedudukan mahasiswa di ikatan Apoteker Indonesia diperjelas dengan system perwakilan dari MAFARSI. Tahun 1970, MAFARSI kembali mengadakan kongres dan memilih Ilham Indradjaja sebagai Sekjen. Kemudian pada periode ini kenggotaan MAFARSI merupakan lembaga Kemahasiswaan di tiap Institut Farmasi, tidak lagi bersifat personal.

Peristiwa penting ISMAFARSI:
1. Pada tanggal 10 -19 Oktober di BukitTinggi tercatat peristiwa penting Organisasi MAFARSI dengan pergantian nama menjadi ISMAFARSI. Dalam kongres terakhor atau MUNAS I ISMAFARSI terpilih SEKJEND I (Sekretaris Jenderal) Tjeptjep Syaifulrahman .
2. Pada Munas II terpilih Pandaan Suharno sebagai Sekjen.
3. Sekjen ISMAFARSI III, Muhammad Yamin, menggantikan Pandaan Suharno yang tidak aktif , bertugas sampai Munas ISMAFARSI ke III.
4. Pada MUNAS III terpilih Paul Tetoprastawa dari Universitas Gadjah Mada(UGM) sebagai sekjen ISMAFARSI IV.
5. Pada MUNAS IV tahun 1990 di Jakarta terpilih Noverman (UNAND) sebagai Sekjen ISMAFARSI V.
6. Pada MUNAS V tahun 1992 di Surabaya memilih Hudi Kurniawan (UNAIR) sebagai Sekjen ISMAFARSI VI.
7. Pada Munas VI yang diadakan di Padang terpilih ISMAEL (UNAND) sebagai Sekjen ISMAFARSI VII.
8. Pada tanggal 25 – 28 Mei 1998 Munas VII diselenggarakan di Ujung Pandang. Pada Munas ini R.Tatang Purnawan (Unair) terpilih sebagai Sekjen ISMAFARSI VIII.Sejarah ISMAFARSI pun mencatat MUNAS Luar Biasa (MUNASLUB) I ISMAFARSI pada September 1998 di Yogyakarta dimana wakil Sekjen Ismiyati mengundurkan diri dan digantikan oleh Ahmad Subagiyo (UI).
9. Pada Pekan Ilmiah Nasional (PIN) VII dan Musyawarah Nasional (Munas) VIII di UI, Depok tanggal 24 – 29 September 2000 terpilih sebagai sekjen ISMAFARSI IX adalah Rahmat Saleh (Universitas Pancasila).Dalam kegitan ini menetapkan dan mengesahkan keanggotaan dari Universitas Jenderal Ahmad Yani, Universitas Sanata Darma Yogyakarta, serta Universitas Prof. Hamka dan kembalinya UGM dalam ISMAFARSI setelah sekian waktu tidak dapat mengikuti kegiatan ISMAFARSI.
10. Munas IX tanggal 8 – 13 September 2002 di Universitas Andalas Padang memilih saudara Zainul Islam, dari ISTN sebagai Sekjen ISMAFARSI X
11. Pada Munas X di Universitas Hasanudin Makasar tanggal 15 – 21 September 2004 terpilih saudara Mei Eko Hermanto sebagai Sekjen ISMAFARSI XI untuk periode 2004 -2006.
12. Pada Munas XI September 2006 di Universitas Muhammadiyah Solo Surakarta terpilih Sekjen ISMAFARSI XII, Yani Novi Rinjayaningsih dari Universitas Pancasila untuk periode 2006-2008.
13. MUNAS ISMAFARSI XII berhasil memilih Joko Rinanto dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA sebagai Sekjen ISMAFARSI XIII untuk periode 2008-2010.
Pada tanggal 23-29 Juli 2010 akan diadakan Seminar nasional dan Musyawarah nasional (MUNAS) Ismafarsi XIII di Univeristas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s